Back
Photo by: nadapromotama.com

4 Hal Wajib dalam “Managing an Event”

August 26, 2018

Salah satu hal paling fundamental dalam managing an event adalah menyiapkan sarana dan armada keamanan dan ketertiban dengan sangat baik. Terutama bila Anda dan tim akan menyelenggarakan acara dengan skala yang cukup besar dan mengundang ratusan hingga ribuan orang, persiapan urusan yang satu ini wajib berada dalam lingkaran utama prioritas.

Pada dasarnya, pengaturan keamanan dan ketertiban ini semata untuk menunjang kenyamanan baik dari pihak panitia, peserta, maupun pihak lain yang ada di sekitar venue. Anda pun perlu menyiapkannya dengan sebaik mungkin dari jauh-jauh hari.

Memastikan izin dari pihak terkait

Memilih venue wajib disesuaikan dengan kapasitas peserta yang diperkirakan akan hadir. Di samping itu, kondisi kenyamanan serta keamanan lokasi juga perlu diperhatikan dengan baik. Perhatikan apakah titik tersebut cukup kondusif untuk mendukung terselenggaranya acara yang diharapkan.

Bila pemilihan venue telah diperoleh, maka pastikan bahwa Anda juga telah mendapat izin dari pihak pengelola. Penting bagi Anda juga betul-betul memerhatikan lingkungan di sekitar venue. Pertimbangkan pula kondisi sosial di sekitar sehingga tidak akan menimbulkan keributan dengan massa sekalipun pemilik atau pengelola venue telah menyetujui.

Berkoordinasi dengan pihak kepolisian

Langkah yang paling krusial lainnya dalam managing an event terutama untuk urusan keamanan adalah koordinasi dengan pihak kepolisian. Sebelum mengeluarkan izin keramaian, pihak kepolisian akan lebih dulu melakukan identifikasi dan verifikasi terhadap rencana kegiatan berikut lokasi yang dipilih.

Pengurusan izin ini juga didasarkan skala acara yang akan diselenggarakan. Bila skala event kecil, maka Anda cukup mengajukan permohonan izin dari kantor kepolisian sektor setempat. Sementara itu, bila acara yang akan dihelat berskala sedang, maka Anda harus mengajukan ke pihak kepolisian resor wilayah. Khusus untuk acara dalam skala sangat besar seperti event internasional, maka Anda perlu mendapatkan izin dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

Membuat pengaturan jalur

Untuk meningkatkan keamanan, hindari membuka terlalu banyak jalur masuk dan keluar. Menyesuaikan jumlah peserta, pastikan kapasitasnya cukup lega sehingga meski jumlahnya terbatas, kenyamanan peserta tidak akan terganggu.

Tidak lupa, pada setiap jalur ini, tempatkan personil keamanan. Bila memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan sensor khusus pada jalur masuk untuk mengantisipasi adanya barang-barang  terlarang dan berpotensi menimbulkan kekacauan bisa masuk ke dalam. Selain itu, pastikan personil juga dapat bergerak dengan sigap dan cepat sehingga tidak membuat antrean terlalu panjang mengular.

Mengatur pemetaan peserta

Terakhir, Anda bisa menggunakan barikade konser untuk mengatur pemetaan peserta. Dengan begitu, peserta dapat lebih tertib dalam menikmati rangkaian acara dan memudahkan pihak panitia dan keamanan dalam pengawasan.

Anda pun perlu memilih barikade konser yang berkualitas dan andal sesuai kebutuhan. Setidaknya, beberapa hal utama yang perlu diperhatikan adalah jenis, ukuran, model, kekuatan, serta kemudahan instalasi barikade.

Untuk mendapatkan barikade konser keamanan terbaik, Anda pun dapat bekerja sama dengan event organizer atau distributor terbaik. Nada Promotama sebagai distributor Mojo Barrier Indonesia satu-satunya dapat membantu Anda menyediakan barrier gate berkualitas sesuai kebutuhan. Selain itu, sebagai professional promoter and event organizer berpengalaman sejak tahun 2009, kami siap bekerja sama untuk mewujudkan acara yang Anda nantikan mulai dari tahap perencanaan hingga pasca kegiatan.

Nah, demikianlah beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam managing an event terutama dari sisi keamanan. Dengan persiapan yang baik dan matang, jadikan agenda Anda kali ini sebagai acara terbaik yang pernah dirasakan oleh publik.

 

Share this:
Sticky
Aug 26, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!