Back
Photo by: nadapromotama.com

7 Persiapan Sebelum Pergi Konser untuk Memastikan Keamanan Anda

September 02, 2018

Pergi ke konser merupakan salah satu hal yang menyenangkan, terutama jika Anda akan menghadiri acara musik musisi favorit yang telah lama dinanti. Meski begitu, ada banyak persiapan sebelum pergiĀ  konser yang perlu Anda perhatikan demi menjaga keamanan seperti berikut ini.

Kabari orang terdekat

Rencana menghadiri konser adalah untuk bersenang-senang. Namun, belajar dari berbagai pengalaman yang ada di masyarakat, ada kalanya hal-hal tidak menyenangkan dapat terjadi.

Maka dari itu, paling tidak Anda perlu untuk mengabari rencana kepergian Anda untuk datang ke sebuah konser tertentu. Anda bisa mengatakannya pada orang tua, sahabat, atau orang terdekat lainnya. Setidaknya, hal ini bisa menjadi antisipasi. Berilah informasi mengenai lokasi, rencana waktu keberangkatan dan kedatangan, dan tambahan lainnya yang dirasa penting.

Hindari datang sendiri

Meski di venue Anda akan bertemu dengan banyak orang, tetapi hindarilah untuk datang sendirian ke konser. Paling tidak, bawalah satu orang kepercayaan yang dapat saling menjaga satu sama lain.

Anda pun tidak harus selamanya pulang dan pergi bersama-sama dalam satu kendaraan. Boleh juga, Anda bertemu di satu titik tertentu di venue. Minimal, jika ada hal-hal yang kurang berkenan seperti tiba-tiba merasa lemas atau bahkan pingsan, ada orang yang dengan sigap menolong Anda.

Bawa kartu identitas

Ke mana pun Anda pergi, bawalah kartu identitas, termasuk pergi ke acara festival musik. Biasanya, promotor profesional akan meminta Anda menunjukkan kartu identitas ketika di pintu masuk atau pada saat penukaran dengan wristband.

Jangan lupa, simpan kembali kartu identitas di tempat yang aman. Bila memungkinkan, sediakan pula cadangan (kopian) untuk berjaga-jaga.

Bawa tas simpel

Hindari membawa tas ransel dan tas bervolume besar lainnya. Saat di konser, suasana akan membawa Anda untuk bebas bergerak tanpa dibayang-bayangi beban di pundak maupun rasa cemas. Selain itu, penonton lain pun dapat merasa terganggu dengan keberadaan tas Anda.

Sebagai gantinya, bawa saja tas kecil seperti tas pinggang atau selempang. Pastikan pula Anda juga selalu memposisikannya pada arah yang aman sehingga barang-barang berharga tetap dalam pengawasan.

Gunakan pakaian yang nyaman tanpa berlebihan

Salah satu alasan lain mengapa orang gemar pergi ke konser adalah karena dapat mengenakan kostum tertentu, apalagi jika acara tersebut memiliki tema tertentu seperti coachella. Anda pun sah-sah saja mengenakan pakaian, tetapi pastikan bahwa selain aman, bahan kain yang menempel pada tubuh tidaklah berlebihan.

Sesuaikan dengan tema dan konsep acara. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu menunjukkan kepemilikan Anda dan menimbulkan niat jahat orang yang siap mencari celah ketika Anda lengah.

Kenali pintu darurat dan titik strategis

Persiapan sebelum konser lainnya yang kerap dilupakan orang adalah dengan mengenali pintu darurat. Euforia gembira saat menuju venue hingga sampai di lokasi sering melenakan kemawasan diri. Padahal, dengan mengenali pintu darurat, bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat melindungi diri sendiri dengan lebih cermat.

Selain itu, perhatikan pula titik strategis atau titik bertemu. Titik ini bisa menjadi lokasi Anda untuk janji bertemu dengan teman-teman lain yang datang atau juga bisa menjadi titik kumpul saat evakuasi.

Jangan panik, lari sesuai arahan jika ada bahaya

Bila ada bahaya, lari, jangan justru sembunyi! Kepanikan yang terjadi kerap membuat pikiran jadi berantakan dan mendadak blank. Maka dari itu, kendalikan rasa panik dan tetap mengikuti instruksi yang diberikan.

Itulah beberapa persiapan sebelum pergi konser untuk tetap menjaga keamanan Anda. Tidak susah, bukan?

Nah, bagi Anda yang akan menyelenggarakan konser, Nada Promotama dapat membantu Anda mewujudkan festival musik terbaik. Sebagai distributor resmi dan satu-satunya Mojo Barriers di Indonesia, kami memiliki berbagai pilihan barikade keamanan yang sangat Anda perlukan demi menjaga keamanan dan crowd control. Dengan pengalaman sebagai promotor dan event organizer profesional yang telah sukses menyelenggarakan berbagai konser musik di tanah air dengan bintang tamu lokal hingga internasional, kami siap membantu Anda merencanakan konser impian.

Share this:
Sticky
Sep 02, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!