Back
Photo by: www.abbeyroad.com

Abbey Road Studios, Studio Musik Bersejarah di Inggris

June 06, 2018

Mau tahu fakta musik tentang studio paling bersejarah di dunia? Musisi Indonesia berikut pernah rekaman di studio tersebut, lho!

Pencinta musik pasti tidak asing dengan sampul album ke-11 The Beatles yang berjudul Abbey Road. Di sampul album tersebut, para personil The Beatles berjalan di atas zebra cross seakan sedang menyeberang jalan. Siapa sangka, foto ikonik itu ternyata diambil secara sederhana di luar studio rekaman Abbey Road, London.

Di balik itu, ada fakta musik menarik mengenai studio rekaman yang menjadi andalan The Beatles ini. Dimulai dengan sejarah yang cukup panjang, bisa rekaman di Abbey Road kini adalah prestasi yang paling diincar oleh musisi dari seluruh dunia. Berikut, Nada Promotama akan merangkumnya untuk kamu.

Bangunan Asli Abbey Road Merupakan Sebuah Rumah

Bangunan asli studio awalnya merupakan sebuah townhouse di era Georgian. Dibangun pada tahun 1813, ukurannya memang termasuk besar untuk sebuah rumah tinggal. Pada tahun 1931, bangunan tersebut dibeli oleh Gramophone Company yang adalah cikal bakal perusahaan Electric and Musical Industries Ltd. yang lebih dikenal dengan EMI.

Terdapat tiga studio di dalam Abbey Road yaitu Studio One, Studio Two, dan Studio Three—begitu mereka disebutnya. Studio One adalah salah satu studio rekaman terbesar di dunia yang bisa menampung satu set orkestra dengan 110 alat dan 100 orang kor.

Sementara Studio Two adalah studio tempat The Beatles merekam sebagian besar dari musiknya. Dengan ruangan yang cukup besar, studio ini dapat menampung hingga 55 musisi beserta alatnya. Di Studio Three, terdapat beberapa kotak kedap suara sebagai fasilitas pembuatan musik yang lebih intens. Fasilitas mewah seperti ruang bersantai, dapur, dan kamar mandi mendukung proses kreatif pembuatan musik.

Musisi Indonesia yang Pernah Mengabadikan Musiknya di Abbey Road Studio

Abbey Road Studio yang dikenal juga sebagai EMI Studio digunakan secara intensif pada pertengahan abad ke-20. Walaupun pernah beredar berita musik bahwa bangunan akan dijual pada tahun 2010, EMI mempertahankan studio rekaman bersejarah ini dan berencana untuk merevitalisasinya.

Bahkan menurut info musik terbaru, bangunan 3 Abbey Road sendiri sekarang sudah masuk ke dalam daftar warisan nasional pemerintah Inggris yang berarti bangunan tidak boleh dirusak atau diubah tanpa izin khusus.

Selain The Beatles, ratusan musisi hits internasional sudah pernah melakukan rekaman di Abbey Road Studio. Dari dunia musik Indonesia, tercatat sudah ada empat musisi yang berhasil mengabadikan karyanya di Abbey Road. Mereka adalah J-Rocks, GIGI, /rif, dan Indische Party.

Dengan perjalanan yang penuh sejarah, tenaga sound engineer kelas dunia, serta peralatan yang canggih, Abbey Road Studio masih menjadi tujuan para musisi untuk menghasilkan rekaman yang berkualitas.

Share this:
Sticky
Jun 06, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!