Blog

Back
Photo by: Dok. NISSAN FORTZ

Blues rasa Nissan Fortz and The James Band

October 19, 2018

Bagi Anda pecinta blues wajib mendengarkan semua lagu Nissan Fortz and The James Band yang dirangkai dalam album bertajuk Tarik Menarik. Pasalnya, album kedua solois asal Bandung ini merupakan kolaborasinya dengan beberapa musisi. Berita musik terkini menyatakan, Nissan mengajak Rizal Zachri untuk mengisi keyboard, Charly Septiana pada gitar, dan Adisty Zulkarnaen pada drum untuk proyek ini. Maka, album ini pun diaku sebagai milik Nissan Fortz and The James Band.

Tak sampai di situ, ia pun menggaet musisi tersohor lain, seperti Emmy Tobing dan Klaudia Ida (dalam lagu “Mati Rasa”), Nathania Jualim (dalam lagu “Tarik Menarik”), dan Muhammad Gunawan (personel Gugun Blues Shelter, dalam lagu “Ini Indonesia”). Walhasil, lagu-lagu yang dihasilkan begitu kaya warna dan lintas genre.

Musik indie yang diusung Nissan selama ini sudah pasti bernafas blues. Namun, bersama koleganya, Nissan berani menjelajahi warna musik yang berbeda dari apa yang biasa ia mainkan. Mulai dari musik folk, country, hingga nuansa pop terekam dengan sempurna.

Ia pun coba memberikan sentuhan musik dari era 1970-an dan 1990-an yang berciri unplugged. Ini menguat lewat sistem perekaman album secara live, penentuan bunyi-bunyian yang simple, dan notasi-notasi serta riff gitar yang dihiasi pola berulang nan memikat. Kedua telinga Anda bakal dimanjakan dengan eksplorasi musik blues ala Nissan dan rekan-rekannya yang begitu dalam dan detail.

Nissan sendiri memaknai Tarik Menarik  sebagai dua hal yang kerap bersinggungan atau berkaitan di bumi. Layaknya sebuah garis yang melintang atau horizontal maupun garis yang terbujur atau vertikal, setiap garis itu punya energi tersendiri. Tak hanya energi, tetapi juga kekuatan dan emosi yang saling berkaitan satu sama lain.

Nissan menambahkan, relasi ini menyerupai hubungan antara manusia dan Tuhan atau manusia dan manusia lain beserta pemikiran yang dipunyai. Termasuk pula bagaimana hubungan manusia dan alam, tak terkecuali manusia dan dirinya sendiri, serta manusia dengan semua ciptaan Tuhan di muka bumi. “Hubungan ini tidak kerap sama, satu perbedaan selalu menjadi pembatas. Namun, keduanya tetap akan bersebelahan,” tukas pria yang memiliki timbre suara berat ini.

Meski terdengar sederhana, tetapi sesuatu yang sederhana itu justru menampilkan komposisi yang tiada duanya. “Saya tidak perlu aksen berlebihan, termasuk sentuhan lembut. Namun, ketika itu perasaan tersebut bisa tersampaikan dan itulah yang saya cari,” ujarnya lagi.

Info musik terbaru menyebutkan album Nissan Fortz and The James Band ini dapat Anda simak di berbagai kanal musik digital, seperti Spotify, Deezer, dan iTunes, serta dalam layanan Nada Sambung Pribadi (NSP). Selamat bereksplorasi bersama mereka!

Share this:
Sticky
Oct 19, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*