Back
Photo: COURTESY OF MATT KENNEDY/©MARVEL STUDIOS 2018

Dominasi Album Black Panther di Chart Billboard

March 15, 2018

Kesuksesan film Black Panther merajai box office film dunia diikuti pula oleh album soundtracknya yang bertitel Black Panther: The Album. Dilansir dari laman Billboard.com, per 5 Maret 2018, total ada tujuh lagu soundtrack Black Panther yang menduduki chart Billboard 100. Album Black Panther ini menjadi bukti nyata bahwa musik film yang digarap serius bisa melipatgandakan kesuksesan film tersebut.

Penggemar musik Indonesia pasti setuju bahwa album yang diproduseri Kendrick Lamar ini memang layak menduduki urutan pertama tangga album Billboard 200. Dirilis sejak 9 Februari 2018, album tersebut berisi 14 lagu yang digandrungi para pecinta musik dunia. Hal tersebut tampak dari catatan penjualan minggu kedua yang cukup fantastis: 131.000 copy album, sebanyak 40.000 berwujud album fisik. Belum lagi jumlah streaming hingga 120 juta kali!

Pencapaian Kendrick Lamar dkk. ini berhasil menyamai torehan album soundtrack The Greatest Showman, yakni duduk di posisi puncak Billboard 200 selama lebih dari sepekan. Dalam catatan Billboard, momen ini adalah pertama kalinya dalam empat tahun terakhir ada dua soundtrack yang menduduki posisi lima besar secara bersamaan. Album Black Panther bertengger di posisi puncak, sedangkan The Greatest Showman di posisi ke-3.

Lagu “All the Starsyang dinyanyikan Kendrick Lamar dan SZA minggu ini sukses menempati posisi ke-7 chart Billboard 100 atau naik dua peringkat dari posisi minggu sebelumnya. “Pray For Me(The Weeknd dan Kendrick Lamar) juga mengekor di posisi ke-9. Dalam pembuatan album pun, Kendrick Lamar berusaha menjaga benang merah antara soundtrack dan filmnya. Tak semua lagu muncul dalam film, tetapi jelas bahwa 14 lagu tersebut terinspirasi dari kisah superhero dari film Black Panther.

Kendrick Lamar all out menggarap album tersebut dan semangatnya tertuang jelas pada setiap lagu yang ada. Berbekal konsep yang detail dan kuat, seolah album ini muncul sebagai satu repertoar unik yang berdiri sendiri. Namun demikian, semua lagu yang ada turut menyempurnakan narasi film yang dibintangi Chadwick Boseman.

Memang raihan album kolaborasi Kendrick Lamar dengan para musisi berbakat ini masih jauh dari rekor album soundtrack Frozen di tahun 2014. Frozen sukses bercokol selama 14 minggu di puncak Billboard. Seiring review positif yang dialamatkan pada film karya sutradara Ryan Coogler, rasanya kiprah album ini di tangga Billboard 200 pun patut dicermati. Mari kita tunggu info musik terbaru dari Kendrick Lamar dkk. di minggu berikutnya!

 

 

Share this:
Sticky
Mar 15, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!