Blog

Back
Photo by: Ganlob.com

Freeze ‘Em All: Konser Musik Pertama di Antartika

August 01, 2018

Para musisi terkenal di dunia sudah banyak yang melakukan konser musik di berbagai negara serta benua, tetapi pernahkah kamu mendengar konser di Antartika? Grup rock Metallica menjadi satu-satunya band papan atas di dunia yang pernah melangsungkan konser di Kutub Selatan, benua dingin yang aslinya tidak berpenghuni ini. Penasaran? Berikut kisahnya.

Dari Rumor ke Konser Unik

Konser Freeze ‘Em All merupakan kerja sama antara Metallica dan Coca-Cola pada tahun 2017. Perusahaan pembuat minuman terkenal tersebut mengadakan undian dengan hadiah utama konser eksklusif di Antartika. Walau ada banyak portal berita musik yang mengabarkan hal tersebut, ternyata pengumuman itu sempat dianggap lelucon.

Akan tetapi, Metallica kemudian menepis anggapan lelucon dengan melakukan klarifikasi di situs resmi mereka. Konser yang diadakan pada bulan Desember 2017 tersebut adalah peristiwa bersejarah, di mana Metallica menjadi satu-satunya grup musik yang pernah mengadakan konser di benua terpencil tersebut.

Konser Metallica sebenarnya bukan yang pertama dilakukan di Antartika. Sebuah grup ilmuwan yang menyebut diri mereka Nunatak mengklaim bahwa mereka pernah membawakan konser kecil-kecilan di Antartika. Akan tetapi, Metallica merupakan grup musik papan atas pertama yang benar-benar melakukannya secara langsung.

Konser dengan Persiapan Unik

Freeze ‘Em All diadakan di sebuah panggung terbungkus struktur kubah di McMurdo Station, yang aslinya merupakan bagian dari stasiun penelitian milik Amerika Serikat. Agar tidak merusak ekosistem rapuh di sekitarnya, grup ini tidak akan menggunakan pengeras suara tradisional. Sebagai gantinya, pengeras suara disimpan dalam kabin khusus, dan suara dikirimkan ke para penonton lewat headphones.

Metallica dan Coca-Cola juga menyiarkan konser tersebut secara langsung untuk penonton di Amerika Selatan, dan kemudian direkam untuk disiarkan berikutnya ke negara-negara lain. Beberapa lagu yang dibawakan di dalam konser unik ini antara lain adalah Enter Sandman, Nothing Else Matters, Sad but True, Creeping Death, dan Seek & Destroy.

Info musik ini secara resmi menguatkan rekor Metallica sebagai satu-satunya grup yang pernah mengadakan konser di semua benua di dunia. Persiapan unik, pertimbangan terhadap ekosistem, serta kreativitas pelaksanaan konser ini tentu patut dipuji.

Share this:
Sticky
Aug 01, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*