Back
Photo By: http://www.storypick.com

Gloomy Sunday, Lagu yang Pernah Menyebabkan Rentetan Kasus Bunuh Diri di Berbagai Negara

December 13, 2017

Tercatat, ada sekitar 100 kasus bunuh diri di Hungaria, Inggris, dan sekitarnya yang diduga berkaitan dengan lagu Gloomy Sunday. Kasus yang terjadi pun beragam. Seorang pengrajin sepatu di Budapest yang bernama Joseph Keller bunuh diri dan meninggalkan catatan berupa kutipan lirik Gloomy Sunday.

Lalu di Inggris, seorang perempuan berusia 14 tahun terjun dari apartemennya sambil memeluk piringan hitam lagu tersebut. Kasus bunuh diri yang berkaitan dengan lagu Gloomy Sunday terus bermunculan di beberapa negara di Eropa seperti Hungaria, Inggris, dan Italia pada dekade awal lagu tersebut dipublikasikan.

Di musik Indonesia sendiri, belum pernah ada lagu yang begitu kuat memberikan sugesti negative terhadap pendengarnya.

Kisah di Balik Penciptaan Lagu Gloomy Sunday

Gloomy Sunday adalah sebuah lagu yang diciptakan pianis dan pencipta lagu Resző Seress dari Hungaria. Lagu yang awalnya berjudul Vége a Világnak ini bercerita tentang keputusasaan akibat perang dunia. Namun, setelah publikasinya di tahun 1933, seorang penulis puisi, László Jávor, mengganti judulnya menjadi Szomorú Vasàrnap dan menulis ulang liriknya.

Lirik yang dibuat oleh László Jávor ternyata membuat lagu tersebut semakin terkenal. Dalam liriknya, László Jávor bertutur tentang keinginannya menyusul kekasihnya yang sudah bunuh diri terlebih dahulu.

Nampaknya, kekuatan lirik yang bergabung dengan notasi musik yang depresif membuat lagu karya Resző Seress terdengar suram. Akibatnya, radio-radio di Eropa termasuk BBC di Inggris melarang lagu tersebut untuk diputar selama 66 tahun. Seiring berkurangnya kasus bunuh diri yang diduga berkaitan dengan Gloomy Sunday, lagu tersebut mulai boleh diperdengarkan dalam versi musik instrumental.

Puncak dari efek lagu tersebut adalah kasus bunuh diri dari Resző Seress sendiri. Ia melakukan usaha bunuh diri dengan loncat dari apartemen sehari setelah ulang tahunnya yang ke-69. Usaha tersebut gagal dan ia dibawa ke rumah sakit. Namun, di rumah sakit ia berhasil mencekik dirinya sendiri hingga mati dengan sebuah kawat.

Salah satu fakta musik tentang Resző Seress yang santer terdengar adalah diduga ia mengalami depresi karena tidak bisa membuat musik yang lebih baik dari Gloomy Sunday. Selain itu, dirinya tidak pernah mendapatkan kesuksesan yang berarti dari lagunya yang terkenal tersebut.

Mau cari info musik lain tentang Gloomy Sunday? Kamu bisa coba mendengarkan lagu tersebut dalam versi yang tidak sesuram versi aslinya.

 

Share this:
Sticky
Dec 13, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!