Blog

Back
Photo by: Nadapromotama.com

Ingin Menggelar Konser Perdana? Ini Dia Beberapa Hal yang Perlu Anda Persiapkan

June 30, 2018

Menggelar konser tunggal tentu merupakan dambaan setiap musisi. Pasalnya, pergelaran tersebut bisa menjadi bukti eksistensi sebuah grup musik, penyanyi, atau band yang mampu menghasilkan karya dan dinikmati banyak orang.

Jika sudah memiliki banyak karya dan dikenal banyak penggemar, tetapi belum pernah menggelar konser, kini saatnya Anda unjuk karya. Untuk itu, berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

  1. Target Penonton

Sebelum memulai konser, Anda harus mengetahui terlebih dahulu target penonton yang akan dibidik, apakah remaja atau dewasa, dan perkirakan berapa jumlah yang Anda harapkan. Hal tersebut bisa Anda ukur berdasarkan kategori penggemar terbanyak yang selama ini mengikuti musik Anda.

Jika target penonton sudah diketahui, Anda dapat mempersiapkan tema konser. Tentunya, harus yang sesuai dengan karakteristik penonton Anda.

  1. Lokasi (Venue)

Saat memilih lokasi konser, pastikan bahwa letaknya berada di kawasan yang cukup mudah dijangkau. Umumnya, para pengunjung akan merasa lebih nyaman apabila tempat diselenggarakannya konser berada tidak jauh dari beberapa fasilitas umum, seperti: stasiun, terminal, tempat ibadah, kantor polisi, tempat makan, atau penginapan. Dengan demikian, mereka yang datang dari luar kota pun tidak akan kesulitan menemukan lokasi konser serta beragam akomodasi yang dibutuhkan.

  1. Waktu

Pemilihan waktu yang tepat juga bisa menjadi kunci kesuksesan sebuah konser. Jika target penonton Anda adalah remaja, pastikan bahwa Anda menggelar konser di luar jam sekolah. Namun jika target penonton adalah orang dewasa, Anda dapat memilih akhir pekan atau sekitar hari besar nasional. Dengan demikian, akan ada semakin banyak pengunjung yang akan meramaikan konser perdana Anda.

  1. Dana

Menggelar sebuah konser musik tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda dapat mempersiapkan proposal yang menarik untuk mendapatkan dukungan dana dari sponsor.

Supaya proposal tersebut disetujui, pastikan bahwa konsep acara konser yang Anda persiapkan sudah rapi serta kebutuhan dananya sudah disusun dengan jelas. Kemudian, Anda juga dapat menawarkan kerja sama melalui pemberian tempat promosi produk sponsor di lokasi konser. Dengan demikian, kedua pihak bisa sama-sama mendapatkan keuntungan.

  1. Promosi

Promosi atau iklan mengenai terselenggaranya acara konser bisa menjadi penentu utama keberhasilan konser. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan banyaknya tiket yang terjual. Semakin gencar promosi dilakukan, semakin besar pula jumlah pengunjung yang datang.

Untungnya, saat ini sudah ada media sosial yang memungkinkan Anda untuk melakukan promosi tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Anda dapat meminta seluruh tim serta teman-teman dan keluarga untuk ikut menyebarkan informasi konser Anda ke media sosial mereka. Untuk memperluas jangkauan promosi, Anda juga bisa bekerja sama dengan radio-radio atau sponsor lain untuk turut serta menjualkan tiket konser Anda.

  1. EO

Setelah konsep acara matang, kini saatnya Anda beserta grup musik Anda fokus mempersiapkan performa Anda. Sementara untuk urusan perlengkapan, panggung, keamanan, dan serta seluruh detail peralatan yang dibutuhkan, serahkan kepada EO (Event Organizer) konser musik Anda.

Memilih EO konser musik yang tepat kini tidaklah sulit karena ada Nada Promotama yang sudah berpengalaman lama menangani beragam jenis konser, mulai dari yang berskala kecil hingga konser super megah berskala internasional.

Nada Promotama tidak hanya membantu Anda mengurus semua jadwal, tetapi juga menyediakan panggung, sistem keamanan crowd control dengan barikade konser dari Mojo Barrier, serta seluruh kebutuhan lainnya hingga acara konser selesai dengan sukses.

  1. Persiapan Akhir

Hal terakhir yang perlu Anda persiapkan sebelum konser adalah fisik dan mental. Pastikan bahwa sebelum konser, Anda sudah melakukan latihan intensif dengan grup musik Anda hingga benar-benar bagus. Tetaplah menjaga kekompakan agar tim Anda benar-benar solid dan mampu memberikan hasil yang maksimal.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Dengan demikian, Anda dapat memberikan performa terbaik sehingga konser perdana Anda pun benar-benar berkesan dan mengagumkan.

Share this:
Sticky
Jun 30, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*