Blog

Back
Photo By: nadapromotama.com

Ini Pentingnya Pemasangan Barikade Konser

May 02, 2018

Konser musik selalu identik dengan keramaian massa. Oleh karena itu, perlu adanya tingkat keamanan dan pemecah kerumunan dengan sistem yang baik. Barikade konser merupakan salah satu komponen pendukung yang penting. Tanpa barikade, penonton yang tidak bertiket dapat merangsek masuk.

Di Indonesia, kebutuhan akan barikade ini dapat terpenuhi dengan mudah. Banyak tempat persewaan barikade yang berkualitas baik. Bahkan terdapat EO yang memiliki sendiri barikade ini. Salah satunya ialah Nada Promotama yang merupakan Mojo Barriers supplier satu-satunya di Indonesia.

Lalu, di mana letak pentingnya barikade? Berikut ulasan singkatnya.

Memagari panggung utama

Barikade memiliki fungsi sebagai pemisah antara kerumunan penonton dengan panggung utama. Hal ini bermaksud agar penonton tidak mudah naik ke panggung. Sebab, kebanyakan fans ingin menyalami atau mendekati seniman favoritnya.

Bahkan, tanpa barikade konser bisa menjadi runyam seperti yang terjadi di St. Louis pada tahun 1991. Kala itu digelar konser Guns N’ Roses. Mendadak segerombolan geng motor merangsek ke depan, menerobos paksa penonton lain. Axl Rose, vokalis Guns N’ Roses melompat ke gerombolan tersebut setelah berkali-kali meminta keamanan untuk mengusir namun tidak dituruti.

Grup band ini kemudian tidak melanjutkan konsernya, penonton pun berang. Lemparan berbagai benda diarahkan ke panggung yang penuh roadies. Perlengkapan di panggung pun rusak, termasuk peralatan musik Guns N’ Roses.

Sebagai pengontrol penumpukan massa

Salah satu sistem untuk mengontrol penumpukan massa yaitu crowd control. Jalur ini dibuat untuk mengatur kedatangan dan kepulangan penonton. Kondisi berdesak-desakan dapat terhindari dengan sistem ini sehingga meminimalkan kasus kecelakaan pada sebuah konser.

Penunjang keamanan pada konser musik

Tingkat safety event ditentukan oleh matangnya konsep penempatan barikade. Selain itu, juga berkenaan dengan jenis barikade yang akan digunakan, serta ukuran yang dibutuhkan sehingga konser dapat benar-benar tertib dan terhindar dari ancaman kerusuhan dan kecelakaan.

Untuk mendukung keamanan pada setiap konser musik, Health and Safety Executive membuat panduan keamanan dan kesehatan penyelenggaraan konser musik dan kegiatan sejenisnya. Terdapat 33 standar dalam menggelar konser musik. Buku dengan ketebalan 190 halaman ini membahas lokasi, manajemen transportasi, manajemen kerumunan, komunikasi, desain panggung, teknik pyro dan pemakaian kembang api.

Australia pun mengeluarkan panduan khusus untuk penyelenggaraan konser dan acara sejenisnya. Panduan ini berjudul Guidelines for Concert, Events, and Organized Gatherings. Buku dengan ketebalan 154 halaman ini membahas perihal manajemen risiko, kecocokan venue, serta pengelolaan jika terjadi keadaan darurat. Buku ini dibuat oleh Departemen Kesehatan.

Mempermudah proses evakuasi

Barikade digunakan untuk membelah lapangan menjadi dua sehingga dapat mempermudah proses evakuasi. Terkadang keadaan darurat terjadi secara tiba-tiba, seperti kerusuhan, kebakaran, dan kecelakaan lainnya. Jika penempatan dan ukuran barikade sesuai dengan jumlah pengunjung, hal-hal yang mengerikan dapat dihindari.

Ketika terjadi darurat, respons manusia biasanya akan panik dan berusaha menyelamatkan diri. Sistem barikade konser ini hendaknya dibuat untuk meminimalkan kekhawatiran. Bisa mengeluarkan penonton dengan selamat tanpa berdesak-desakan dan lari tak keruan.

Tipe barikade untuk konser musik

Barikade memiliki dua tipe, yaitu barikade 2 meteran yang biasa disebut perimeter dan barikade 3 meteran. Barikade perimeter memiliki kaki sehingga dapat didirikan tanpa penyokong lain. Sebaliknya, barikade 3 meteran tidak memiliki kaki. Oleh sebab itu, barikade 3 meteran ini dalam penggunaannya harus dikaitkan dengan barikade perimeter.

Untuk pemasangan biasanya diselang-seling antara kedua tipe barikade tersebut. Khusus di depan panggung utama seluruhnya dipasang barikade perimeter untuk alasan kekuatan ketika penonton silih dorong. Pada saat konser musik, antusiasme penonton yang melakukan aksi berlebihan tidak dapat ditebak. Tanpa barikade di depan panggung utama, konser musik dapat ricuh.

Pentingnya keberadaan barikade tidak boleh dipandang sebelah mata. Seluruh komponen pun harus dipasang dengan sempurna dan tepat di tempatnya. Sebab, kalau tidak akan fatal akibatnya. Sementara itu, Mojo Barriers Indonesia secara terus-menerus menyediakan barikade bermutu baik. Official distributor di Indonesia sudah menyediakan barikade konser dengan panjang 348 meter.

 

 

 

Share this:
Sticky
May 02, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*