Back
Photo: 101clipart.com

Inilah One-Hit Wonders yang Paling Terkenal di Abad 21

June 13, 2018

Fakta musik tentang one-hit wonders dari dalam dan luar negeri ada di sini. Salah satunya pasti pernah kamu dengar!

Di dunia musik, terkadang ada satu musisi yang menghasilkan karya yang sangat fenomenal hingga hampir semua orang mengenali lagunya. Namun, kesuksesan itu ternyata hanya datang satu kali, dan tidak terulang di karya berikutnya. Musik seperti itulah yang sering kita kenal dengan sebutan one-hit wonders.

Definisi one-hit wonders pertama kali didefinisikan oleh seorang jurnalis musik, Wayne Jancik, ketika sedang memproduksi buku yang berjudul The Billboard Book of One-Hit Wonders. Menurut kriteria Billboard—salah satu penggerak tangga musik terkemuka di Amerika Serikat—one-hit wonders adalah musik yang pernah bertengger di 40 besar tangga musik Billboard, dan tidak mengulangnya lagi bahkan hingga di 100 besar.

Musisi yang masuk ke kategori tersebut adalah mereka yang hanya memiliki satu ciptaan yang bertengger pada 100 besar tangga musik Billboard. Fenomena ini sudah terjadi sejak tahun 1950-an hingga sekarang. Setelah tahun 2000, berikut adalah info musik tentang 5 musisi yang tidak bisa mengulang kesuksesan lagu pertamanya:

  1. Baha Men—Who Let the Dogs Out? (2000)
  2. The Calling—Wherever You Will Go (2002)
  3. The Darkness—I Believe in A Thing Called Love (2003)
  4. Daniel Powter—Bad Day (2006)
  5. Gotye and Kumbra—Somebody That I Used to Know (2010)

Sampai saat ini, belum ada satu pun karya dari musisi tersebut yang kembali menaiki 40 bahkan 100 besar tangga musik Billboard. Walaupun begitu, fakta musik yang terjadi adalah karya pertama mereka tersebut masih sering kita dengar hingga sekarang. Tentu saja karena memang lagunya sangat enak dan mudah diingat, kan!

One-Hit Wonders di Indonesia

Musik Indonesia sendiri juga punya beberapa musisi yang hanya menelurkan satu karya yang sangat terkenal di semua kalangan. Namun, begitu mencoba karya berikutnya, musisi tersebut tidak dapat merebut kembali popularitasnya seperti pertama kali. Mungkin, di antara kamu ada yang ingat beberapa lagu berikut?

  1. Sinden3tosca—Kepompong (2008)
  2. Garasi—Hilang (2006)
  3. Rumor—Butiran Debu (2012)

Walaupun tidak terpaku pada tangga musik Indonesia, karya-karya tersebut sempat digemari dan didengar hampir setiap saat pada saat masa kejayaaannya. Beberapa musisi atau grup band mungkin berhenti berkarya, bubar, atau menulis lagu yang tidak terlalu nge-hits.

Para musisi one-hit wonders tersebut mungkin saja tidak berhasil membuat karya fenomenal selanjutnya, tapi karya pertama mereka tentu akan selalu ada di ingatan pencinta musik.

Mau tau info musik lainnya? Pastikan kamu selalu update berita musik dari Nada Promotama, event organizer dan official distributor Mojo Barriers.

Share this:
Sticky
Jun 13, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!