Blog

Back
Photo by: insidethemagic.net

Mengapa Film-Film Terbaik Punya Musik Ikonik?

August 15, 2018

Pernahkah kamu mendengar suatu melodi dan mendadak ingat bahwa musik tersebut berasal dari film tertentu? Hal tersebut ternyata memang disengaja. Musik tidak hanya membuat film menjadi lebih menarik, tetapi juga mampu menarik perhatianmu lewat penggunaan nada dan irama sebagai leitmotif.

Ciri Musik Pengiring Film

Setiap film terkenal dianggap berkualitas, seperti Jurassic Park, The Lord of the Rings, Jaws, Psycho, The Godfather, dan Star Wars memiliki kesamaan: mereka memiliki komposisi musik (soundtrack) ikonik yang akan kamu ingat untuk jangka waktu lama. Masing-masing film ini memiliki musik yang tidak hanya berfungsi sebagai pengiring, tetapi juga mengajakmu untuk mengaitkan adegan tertentu dengan kesan yang dibawa musik tersebut.

Ciri mudahnya, ketika menonton adegan heroik di film-film seperti seri Superman lama, LOTR, atau Star Wars, kamu akan sering mendengar rangkaian nada berlapis yang heroik, dan memiliki nada yang meningkat di bagian akhir. Hal ini membuat perasaanmu “terangkat” dan ikut merasa senang ketika tokoh pahlawanmu berhasil menunaikan sebuah misi.

Sebaliknya, untuk film-film horor dan menegangkan seperti Jaws atau Psycho, kamu justru akan mendengar musik bernada minor dengan irama yang seperti putus-putus serta menegangkan, sehingga membuatmu merasa tidak nyaman ketika melihat adegan tertentu (misalnya adegan serangan hiu atau pembunuhan).

Leitmotif dan Film yang Berkesan

Peran musik dalam film sebenarnya sesuatu yang sudah lama dipelajari, dan hadir dalam berbagai info musik. Leitmotif adalah istilah yang menggambarkan musik sebagai penanda kehadiran suatu ide, konsep, karakter, atau motivasi dalam suatu cerita. Leitmotif mulanya dikaitkan dengan opera, namun kini, kamu bisa menemukannya dalam film modern. Teori ini menggambarkan mengapa film dengan musik ikonik biasanya cenderung lebih diingat.

Dengan musik sebagai leitmotif, suatu film akan mengajakmu untuk lebih banyak “berinvestasi” secara emosional. Kamu akan merasakan suasana tegang, menyenangkan, atau menakutkan dalam film, dan ikut merasakan apa yang dirasakan karakternya. Para kritikus film masa kini sering bilang bahwa film modern kurang memperhatikan aspek musik ini, dan itulah sebabnya mengapa film-film terbaik dunia juga punya soundtrack unik.

Jadi, ketika nanti kamu melihat berita musik dan film terbaru, coba lihat: film baru yang akan kamu tonton itu mengandung unsur leitmotif musikal atau tidak?

Share this:
Sticky
Aug 15, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*