Blog

Back
Photo by: nadapromotama.com

NOAH: Sebuah Evolusi Bermusik

December 21, 2017

Noah (dulunya bernama Peterpan), adalah grup musik bergenre pop rok alternatif yang berasal dari Bandung. Nama Noah dalam kamus berarti membuat nyaman, memberi ketenangan, dan panjang umur. Ariel dkk. memilih nama ini karena dirasa cocok dengan musik dan kondisi mereka pada saat itu.

Di awal kemunculannya sebagai grup musik Peterpan (2000), grup ini terdiri atas Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), Andika (keyboard), dan Indra (bas). Andika dan Indra resmi keluar dari grup pada November 2000 dan membentuk grup lain dengan nama The Titans. Bulan Desember 2014, Reza mengumumkan keluar dari Noah karena ada kegiatan lain di luar grup ini. Setelah bongkar pasang personel, formasi akhir Noah sekarang, adalah Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), dan David (keyboard).

Setelah berpisah dengan personel Peterpan sebelumnya, pada Mei 2007 Ariel dkk. merilis album “Hari yang Cerah” di dua tempat, yakni di Malaysia dan Bandung. Pada konser ini mereka mengumumkan akan segera melepaskan nama Peterpan. Pada tahun 2008, Ariel dkk. mengeluarkan album kompilasi berjudul “Sebuah Nama Sebuah Cerita” yang diklaim sebagai karya terakhir mereka sebagai Peterpan.

Meski sang vokalis mengalami kasus hukum, tidak lantas membuat grup ini vakum. Tahun 2012, sebuah album bertajuk “Suara Lainnya” dirilis menggunakan nama-nama personelnya, yaitu Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David. Album ini berisi versi instrumental dari lagu-lagu Peterpan ditambah dengan “Dara”, sebuah lagu yang ditulis Ariel di dalam tahanan.

September 2012, Noah resmi merilis album berjudul “Seperti Seharusnya” dengan lagu andalan “Separuh Aku”. Dalam waktu lima bulan, album ini bisa terjual hingga 1 juta kopi dan mendapatkan penghargaan Multiplatinum dari Musica Studio’s dan Swara Sangkar.

Pada bulan Desember 2014, Noah meluncurkan album baru dengan judul “Second Chance” yang berisi tiga lagu baru: “Hero”, “Seperti Kemarin”, dan “Suara Pikiranku”, serta 9 lagu lama yang diaransemen ulang. Album terbaru Noah berjudul “Sings Legend” (2016), berisi lagu-lagu musisi terkenal di tahun 1960 hingga 1990 yang diaransemen ulang. Lagu pertama yang menjadi andalan di album ini adalah “Sajadah Panjang”.

Itulah biografi singkat mengenai perjalanan karier Noah. Dengan berbagai karya dan prestasinya selama ini, Noah patut masuk dalam jajaran grup musik besar di Indonesia.

Share this:
Sticky
Dec 21, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*