Back
Photo by: www.ucsfbenioffchildrens.org

Peran Musik dalam Membantu Pasien dengan Kerusakan Otak

December 27, 2017

Secara psikologis, musik memang bisa menyembuhkan penyakit seperti anxiety dan depresi. Namun ternyata, musik bisa memiliki pengaruh yang lebih kuat lagi. Salah satunya adalah membantu pasien dengan kerusakan otak. Menurut penelitian, hal ini mungkin terjadi karena musik memiliki ritme dan harmoni, sama seperti yang dilakukan tubuh manusia secara alami.

Detak jantung, tarikan dan hembusan nafas, serta denyut nadi adalah beberapa hal dari tubuh manusia yang memiliki ritme yang terharmonisasi. Ketika ritme tubuh sedang terganggu, musik bisa membantu untuk menyeimbangkannya kembali.

Terapi Musik Digunakan Sejak Lama pada Para Veteran Perang

Perang dunia ke-II menyisakan banyak trauma dan menyebabkan kerusakan syaraf pada para tentara yang terlibat di dalamnya. Banyak dari mereka yang hilang ingatan, trauma berat, serta mengalami depresi. Selama menjalani perawatan pasca perang, ditemukan bahwa musik bisa membantu para veteran perang tersebut untuk menemukan kembali ingatan yang hilang. Selain itu, musik yang tepat juga bisa memberikan efek tenang dan mengurangi stres.

Sejak saat itu, musik juga dilibatkan dalam pengobatan penyakit syaraf atau otak lainnya seperti Alzheimer, Parkinson, dan strok. Walaupun begitu, musik tidak digunakan sebagai pengobatan utama. Perawatan utama tetap harus dilakukan secara medis, sedangkan musik hanyalah pelengkap yang membantu mempercepat tahap penyembuhan.

Meningkatkan Kreativitas pada Anak dengan Gangguan Fokus atau Tumbuh Kembang

Gangguan fokus dan tumbuh kembang yang terhambat kerap ditemukan pada anak-anak terutama pada masa awal pertumbuhan. Pada kasus gangguan neurologi semacam itu, musik dapat membantu anak untuk tetap fokus misalnya dengan memberikan musik pada saat anak tersebut belajar mewarnai.

Musik yang tenang akan memberikan stimulasi kreativitas pada otak anak serta membantunya untuk fokus pada apa yang dikerjakan tangannya. Selain itu, fakta musik lainnya adalah sudah banyak prosedur terapi wicara yang berhasil dengan menggunakan bantuan musik.

Anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara terbukti bisa lebih cepat menyerap kata-kata dan menirunya melalui musik. Caranya adalah dengan menggunakan musik Indonesia dengan lirik yang mudah ditangkap dan dimengerti. Ketika diputar secara rutin,  anak bisa secara bertahap meniru dan mengulang kata-kata yang ada di dalam lagu.

Tentu saja, untuk menggunakan musik sebagai terapi sebaiknya harus dilakukan konsultasi terlebih dahulu kepada terapis atau dokter. Sebaiknya cari info musik mengenai jenis lagu yang tepat untuk keadaan pasien.

Nyatanya, musik yang sesuai bisa memengaruhi tingkat keberhasilan terapi musik untuk kerusakan otak.

Share this:
Sticky
Dec 27, 2017
Tags in ,

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!