Blog

Back
Photo by: nadapromotama.com

Seberapa Pentingkah Keberadaan Barikade dalam Konser?

September 16, 2018

Istilah barikade kerap berkaitan dengan urusan sekuritas. Pun dalam sebuah keamanan acara, barikade juga menjadi bagian penting yang tak terpisahkan.

Sebagai ilustrasi, bayangkan sebuah festival konser dengan kapasitas penonton yang besar terutama yang mengggunakan venue outdoor. Pada barisan terdepan untuk penonton, Anda tentu pernah melihat jajaran pagar pembatas yang memberikan jarak antara panggung dan penonton, bukan? Nah, pagar pembatas inilah yang lebih familier disebut sebagai barikade dalam lingkup event organizer.

Meski fungsi utamanya sebagai pagar pembatas, barikade memiliki banyak jenis, ukuran, dan model sesuai dengan fungsi spesifiknya. Untuk keperluan pagar pembatas yang tinggi demi alasan keamanan yang lebih besar misalnya, jenis yang paling tepat digunakan adalah high fence. Pagar pembatas ini biasanya digunakan untuk acara-acara kenegaraan atau tamu-tamu kehormatan yang memerlukan perlindungan ekstra. Sementara itu, bila barikade yang digunakan sebatas konser yang masih membutuhkan interaksi lebih leluasa dengan penonton, stage barriers cukuplah menjadi pilihan.

Seberapa penting penggunaan barikade pada konser?

Pada dasarnya, setiap kegiatan konser, terutama dengan jumlah penonton yang banyak dan berskala besar, tentu dibarengi dengan pengamanan dari pihak kepolisian. Walau begitu, jumlah personil kepolisian maupun panitia saja tidak akan cukup dan efisien untuk terus menerus beraga mengendalikan massa tanpa bantuan komponen lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa alasan penting mengapa barikade sangat diperlukan dalam sebuah perhelatan konser.

  • Merapikan jalur

Dalam beberapa kegiatan konser, penonton sengaja dipecah dengan membagi crowd ke dalam sayap kanan dan kiri menggunakan pagar pembatas. Pada jalur ini, tidak jarang pengisi acara melakukan interaksi dengan penonton sehingga terasa lebih membaur, tetapi tetap aman dari jangkauan penonton.

Selain itu, pembagian ini juga dapat memberikan kenyamanan lebih bagi penonton. Dibandingkan berkumpul menjadi satu dan menimbulkan gesekan (berdesak-desakan) lebih banyak, maka cara ini juga mampu menjadi alternatif untuk mencegah keributan yang mungkin muncul.

  • Mencegah tindakan tak terduga

Panitia dan pihak keamanan akan lebih fokus untuk menjaga titik-titik pantauan dengan adanya barikade. Bilamana terjadi keributan, mereka dapat lebih sigap dalam melakukan penanggulangan.

Pemasangan barikade juga memberikan fungsi pencegahan tindakan anarkis dan tidak terduga lainnya. Dengan adanya pembatas ini, kemungkinan terjadinya penonton yang nekat naik ke panggung dan mengancam pengisi acara pun dapat diminimalisasi.

Mojo Barriers Indonesia

Salah satu pabrikan barikade terbesar di dunia adalah Mojo Barriers. Bahkan mengingat historinya sebagai pionir, tidak jarang orang menggeneralisasi  Mojo Barriers sendiri sebagai istilah yang merujuk pada setiap produk pagar pembatas, bahkan dari produsen lain sekalipun.

Mojo Barriers berbasis di Belanda dan telah melebarkan sayapnya ke berbagai negara lain. Selain di Belanda sebagai kantor pusat, Mojo Barriers juga mempunyai kantor cabang yang berada di United Kingdom, United States of America, dan Australia. Sementara itu, untuk pusat distribusi lainnya, Mojo Barriers melakukan partnership dengan berbagai pihak di beberapa negara, yakni Spanyol, Belgia, Perancis, Denmark, Norwegia, Finlandia, Jepang, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan New Zealand.

Mojo Barriers Indonesia menyediakan berbagai barikade dengan melakukan partnership bersama Mojo Barriers Australia. Pada Mei 2016, Nada Promotama sebagai pihak distributor Mojo Barriers resmi dan satu-satunya di Indonesia memulai dengan perlengkapan Mojo Barriers 348m of G2 Silver dan Mojo spesial (21 Flexi Corners, 4 Cable Gates, dan 23 Vario Corners). Perlengkapan keamanan ini pun telah digunakan untuk mendukung berbagai festival musik besar baik lokal maupun internasional.

Demikianlah ulasan mengenai pentingnya barikade dalam konser. Untuk kebutuhan safety gates serta perencanaan konser terbaik, Anda dapat menghubungi professional promoter and event organizer Nada Promotama.

Share this:
Sticky
Sep 16, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*