Back
Photo by: Dok. NAIF band

Ternyata, Ini 7 Fakta di Balik Perjalanan Karier NAIF

December 26, 2017

Setelah merayakan ulang tahun ke-22 pada bulan Oktober lalu, Naif kembali berkiprah di belantika musik Indonesia. Band yang terdiri dari empat orang anggota ini sempat vakum selama enam tahun. Meski begitu, popularitasnya tidak kalah dengan band kekinian. Grup musik retro tersebut mampu mempertahankan kejayaan sampai sekarang.

Bagaimana perjalanan panjang Naif menuju puncak kesuksesan? Berikut ini tujuh fakta mengenai awal karier hingga info musik terbarunya.

  1. Berawal dari IKJ

Pembentukan Naif band berawal dari ide ketiga mahasiswa seni rupa di Institut Kesenian Jakarta (IKJ); Jarwo, Pepeng, dan David. Semula, para pemuda tersebut hanya iseng menyanyi dengan iringan gitar saat mengerjakan tugas kuliah. Seiring waktu, mereka pun menciptakan lagu berjudul “Jauh” dan membentuk band.

  1. Tidak Masuk Kompilasi Album Bulletin Records

Naif mulai mencoba masuk ke dapur rekaman pada tahun 1996. Band ini mengirimkan kaset berisi demo lagu ke Bulletin Records yang sedang menyusun album kompilasi. Namun, Bulletin Records malah membuatkan album perdana dengan judul “Naif” sekaligus merilis secara resmi nama band tersebut.

  1. Sewindu Berkiprah, Naif Kehilangan Keyboardist

Terhitung sampai tahun 2003, Naif berhasil mengeluarkan tiga album yang laris manis di pasaran. Namun, band tersebut harus kehilangan keyboardist satu-satunya, Chandra Wirawan Sukardi. Pria ini mengundurkan diri pada tanggal 18 November 2003 dengan alasan ingin fokus di bidang desain grafis.

  1. Konsisten Membawakan Lagu Sendiri Saat Manggung

Saat pertama kali muncul, belum banyak yang mengenali lagu-lagu Naif. Namun, hal itu tidak menyurutkan langkahnya. Band ini selalu menyanyikan lagu ciptaan sendiri ketimbang milik penyanyi lain.

  1. Bertransformasi dari Retro ke Modern

Sejak awal berdiri, Naif terkenal dengan genre retronya. Kombinasi rock, pop, dan psychedelic selalu menghiasi lagu milik grup ini. Namun, kekhasan tersebut tak lagi terlihat pada tahun 2007. Pasalnya, Naif mengalihkan aliran retro ke musik modern.

  1. Pernah Rekaman Live

Tahun 2011, Naif merilis album bertajuk “A Night At Schouwburg” yang direkam secara langsung. Rekaman tersebut dikemas dalam bentuk video dan audio. Kemudian, tanggal 22 September 2017, band ini kembali mengadakan rekaman live dalam konser Together Whatever Sessions di Belanda.

  1. Kembali ke Musik Retro di Album Ketujuh

Setelah sekian lama absen dari aliran retro, Naif kembali menyematkannya di album ketujuh. Album yang bertajuk “7 Bidadari” ini dirilis saat konser AnNAIFersarry bulan Oktober lalu. Meski mulai langka, penikmat musik tersebut masih banyak.

Itulah tujuh fakta perjalanan karier Naif dari awal berdiri hingga berumur 22 tahun. Semoga bermanfaat.

Share this:
Sticky
Dec 26, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!