Blog

Back
Photo By: nadapromotama.com

Tingkat Keamanan Makin Baik dengan Barrier Gate

April 23, 2018

Saat ini, tidak hanya parkir di pusat perbelanjaan yang menggunakan barrier gate untuk meningkatkan keamanan, namun juga tempat-tempat lain. Parkir outdoor di tempat-tempat komersial—semisal kompleks ruko—pun banyak yang telah menggunakan sistem ini. Selain untuk keamanan kendaraan yang dititipkan, juga untuk mengontrol keluar masuk kendaraan.

Barrier gate juga digunakan di tempat-tempat bukan komersial seperti perpustakaan yang menggunakan kartu anggota. Di Jakarta, ketika akan keluar dan masuk stasiun untuk menaiki commuter line, sistem pintu otomatis ini pun diberlakukan. Di event-event besar seperti konser musik pun sangat dibutuhkan sebagai crowd control.

Jenis-Jenis

Pintu otomatis ini memiliki 4 jenis sesuai dengan peruntukan penggunaannya.

  1. Highway

Barrier ini bisa dipakai sampai 6000 kali per hari. Digunakan untuk tempat yang sering melakukan buka tutup pintu. Tempat-tempat ini memiliki frekuensi keluar masuk yang tinggi, seperti bandara, jalan tol, stasiun, dan pusat perbelanjaan.

  1. Heavy

Lebih sedikit dari highway, barrier ini dipakai sampai 1000 kali per hari.

  1. Medium

Tingkatan ketiga dengan pemakaian sebanyak 600 kali per hari.

  1. Light

Barrier ini digunakan di tempat yang kurang ramai dengan kuantitas 200 kali buka tutup per hari. Tempat-tempat ini seperti perumahan, perkantoran, dan sebagainya.

Komponen

Barrier memiliki beberapa komponen, yaitu kunci elektronik, pintu penghalang, dan penghalang boom. Penghalang boom inilah tempat orang/kendaraan masuk. Keluar masuk harus diidentifikasi dulu baik menggunakan kartu pintar, biometric sensor, maupun RFID card reader.

Lapisan gate berasal dari bubuk stainless steel. Oleh karena itu, untuk membuka dan menutup hanya butuh waktu sekitar 2,5 sampai 5 detik. Lingkaran detektor dan sel foto pun semakin melengkapi gate untuk mendeteksi kendaraan atau orang yang akan keluar dan masuk.

Selain itu terdapat aluminium sepanjang 4 meter, 3 meter, dan 6 meter. Untuk menjalankan gate, ada dua sistem, yaitu baterai dan tenaga surya. Tidak ketinggalan pula sensor dan alarm untuk menambah sistem keamanan.

Sistem

Sistem dibuat sedemikian rupa dengan berbagai fitur. Sistem ini pula yang bekerja agar kendaraan atau orang dapat keluar dan masuk dengan mudah. Untuk parkir, kendaraan dapat masuk, lalu parkir, membayar di kasir, kemudian keluar dengan tanpa hambatan. Sistem kontrol akses yang berkualitas dan bersertifikat akan lebih baik digunakan dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Salah satu sistem yang bagus ialah Radio Frequency Identification (RFID). Dirancang dengan kualitas tinggi. Tepat untuk jalur lebar dan ramai.

Kegunaan

Ada banyak kegunaan dari barrier gate. Tidak hanya untuk ruang publik, namun juga untuk berbagai event khusus yang melibatkan banyak orang. Berikut beberapa kegunaan pemasangan pintu penghalang otomatis ini.

  • Rumah menjadi aman dari pencurian dan perampokan. Sebab tidak sembarang orang yang bisa masuk dengan bebas.
  • Rumah menjadi lebih indah, tampak mewah, dan kekinian.
  • Sebagai pintu penghalang di pusat perbelanjaan, kompleks tempat tinggal, hotel, perguruan tinggi, rumah sakit, parkir di ruko, pusat pelayanan publik, gedung-gedung komersial, dan lain sebagainya.
  • Sebagai safety at event.
  • Sebagai pengontrol keluar masuknya penonton pada sebuah konser.
  • Untuk menghitung jumlah kendaraan yang masuk dan keluar.
  • Untuk menertibkan para penumpang commuter line di stasiun

Barrier gate konser musik

Pada setiap konser musik, pintu penghalang ini pun sangat dibutuhkan. Banyaknya penonton dapat menyebabkan ruwetnya proses keluar masuk ke dalam area konser. Kondisi menjadi tidak tertib. Dengan adanya barrier gate, penonton pun bisa masuk tanpa berdesak-desakan. Selain itu, dapat meminimalkan adanya penonton tanpa tiket.

Salah satu penyedia jasa barrier untuk konser musik ialah Mojo Barriers Indonesia. Menggunakan 23 Vario Corner, serta 21 Flexi Corner, dan 4 Cable Gates untuk setiap penyelenggaraan konser musik.

Barrier gate memang sangat penting untuk berbagai tempat, kondisi, dan event. Salah satu Mojo barriers suplier di dunia ialah Nada Promotama. Ini merupakan official distributor satu-satunya di Indonesia.

Share this:
Sticky
Apr 23, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*