Back
Photo by: Nadapromotama.com

Tips Pemasangan Lampu Panggung agar Konser Anda Semakin Atraktif

July 01, 2018

Keberadaan lampu panggung dapat menunjang kesuksesan sebuah konser. Pasalnya sorot pada lampu-lampu tersebut tidak hanya mampu memberikan kesan mengagumkan, mewah, dan menawan, tetapi juga menjadikan permainan musik pada setiap pertujukan menjadi lebih hidup dan semarak.

Supaya konser yang digelar terasa lebih atraktif, masing-masing penyelenggara harus benar-benar memahami perihal penggunaan lampu panggung. Berikut ini beberapa tips mengenai lampu panggung yang bisa Anda praktikkan.

  1. Pilih Warna-warna yang Sesuai dengan Tema Acara

Penggunaan warna-warna tertentu akan memberikan efek suasana yang berbeda. Saat memasang lampu panggung untuk sebuah konser musik, pastikan bahwa warna yang Anda pilih sudah sesuai dengan tema acara.

Apabila tema yang diusung pada konser tersebut berhubungan dengan semangat jiwa muda, mungkin warna-warna, seperti merah atau biru cocok digunakan sebagai unsur utama lighting konser musik. Namun apabila konser tersebut bertajuk musik penyejuk hati atau yang berhubungan dengan religi, mungkin warna-warna seperti kuning, hijau, merah muda, atau biru muda akan mampu menggambarkan suasana tersebut.

  1. Gunakan Lampu Jenis LED

Penggunaan lampu berjenis LED dapat memberikan banyak keuntungan. Selain lebih terang, jenis lampu tersebut juga dianggap hemat energi.

Beragam jenis lampu panggung untuk keperluan konser musik saat ini sudah tersedia dalam bentuk LED. Salah satu yang cukup atraktif, lampu PAR RGBW atau yang merupakan singkatan dari Red, Green, Blue and White light emmiting LEDs yang mampu menghasilkan hampir seluruh warna.

  1. Manfaatkan Pixel Mapping

Teknologi Pixel Mapping kini sudah banyak digunakan oleh para penyelenggara musik untuk menggelar konser besar. Keberadaan teknologi tersebut terbukti mampu membuat panggung menjadi terkesan lebih mewah dan modern karena dipenuhi dengan cahaya, serta gambar-gambar bergerak yang mengikuti irama musik.

Pixel Mapping umumnya ditempatkan di bagian belakang panggung, yakni pada bagian truss rigging layar. Dengan latar belakang panggung yang berupa Pixel Mapping ini, seluruh penampilan musisi tentu akan lebih atraktif dan menakjubkan.

  1. LED Happy Tubes Light

Selain Pixel Mapping, Anda juga dapat menggunakan Happy Tubes Light untuk menambah kesan semarak pada konser musik yang Anda gelar. Lampu-lampu berbentuk menyerupai tabung ini dapat dipasang di bagian belakang, samping, atau atap panggung.

Happy Tubes umumnya dipasang secara berjajar dengan panjang yang sama. Pada setiap lampu, Anda bisa mendapatkan satu warna atau beberapa warna sekaligus. Saat pergelaran musik sedang berlangsung, operator dapat menyesuaikan warna-warna yang ditampilkan sehingga keberadaan kerlap-kerlip deretan lampu-lampu tersebut dapat mendukung suasana konser musik tersebut.

  1. Ajak Penonton Bergerak dengan Moving Heads

Moving Heads merupakan salah satu jenis lampu sorot panggung yang dapat digerakkan. Umumnya, jenis lampu ini akan bergerak sesuai dengan irama musik.

Keberadaan moving heads dapat mendukung suasana konser musik. Jika musik yang dimainkan berirama cepat, lampu tersebut juga akan bergerak cepat sehingga mampu mengajak penonton ikut bergerak. Dengan demikian, suasana yang tercipta pun kian semarak karena semua ikut menari dan berjoget menikmati suasana sesuai irama musik yang dibawakan para musisi.

Itulah beberapa tips mengenai pemasangan lampu panggung yang bisa Anda gunakan untuk menujang pergelaran konser musik supaya suasana yang tercipta semakin atraktif. Beragam jenis lampu panggung tersebut umumnya akan disediakan oleh penyelenggara acara sesuai dengan permintaan Anda.

Salah satu penyelenggara acara konser musik yang sudah terbiasa menangani konser-konser besar berskala internasional adalah Nada Promotama. Perusahaan EO tersebut tidak hanya berpengalaman merancang beragam jenis model panggung, lampu-lampu, serta semua perlengkapan panggung, tetapi juga mengurusi semua kebutuhan konser musik mulai dari jadwal hingga keamanan konser.

Untuk keamanan misalnya, Nada Promotama sudah menerapkan sistem safety at event, seperti crowd control dengan safety barricades dari Mojo Barriers Indonesia. Dengan demikian, seluruh konser yang digelar pun tidak hanya atraktif, tetapi juga aman dan terkendali.

Share this:
Sticky
Jul 01, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!