Blog

Back
Photo by: supermusic.id

Under Pressure, Lagu yang Diciptakan Secepat Kilat

August 08, 2018

Penggemar musik David Bowie dan Queen mungkin sudah pernah mendengar lagu Under Pressure. Lagu rock bertempo sedang dengan betotan gitar bas serta alunan vokal scat yang khas itu memang sangat mudah diingat (dan enak dipakai bergoyang). Tetapi, di balik iramanya yang sekilas terdengar “ceria”, lagu ini ternyata diciptakan secepat kilat serta memiliki tema berat pula. Penasaran? Ini kisahnya.

Ciptakan Lagu dalam 24 Jam 

Berbagai portal berita musik akan menyebut bahwa Under Pressure diciptakan secara kilat, yaitu selama 24 jam. David Bowie menggarap lagu ini bersama seluruh anggota Queen. Mulanya, Queen berusaha menggubah lagu berjudul Feel Like, namun tidak puas dengan hasilnya. Bowie, yang mulanya hadir di Mountain Studios untuk menyumbang suara latar bagi lagu Cool Cat, akhirnya ikut terlibat dalam penggarapan Under Pressure.

Selama 24 jam penuh, Bowie dan para anggota Queen mulai menggabungkan unsur-unsur dari lagu Feel Like dan Cool Cat. Mereka bahkan menciptakan kedua lagu ini sambil mengonsumsi banyak minuman anggur, rokok, dan kokain. Freddie Mercury dan David Bowie bahkan sempat bertengkar soal lirik, sebelum Bowie memutuskan menggarap lirik dan Mercury menggarap aransemen.

Sempat ada perdebatan soal siapa yang harusnya diakui sebagai pencipta irama gitar bas Under Pressure. Mulanya, David Bowie disebut sebagai penciptanya. Akan tetapi, dalam wawancara-wawancara sebelumnya, John Deacon disebut-sebut telah menciptakan irama bas tersebut jauh sebelum Under Pressure dibuat.

Makna Lagu Under Pressure

Sesuai dengan judulnya yang bermakna “di bawah tekanan”, Under Pressure berbicara tentang kondisi tertekan yang dialami banyak individu saat dikuasai oleh politikus, seolah siap “meledak”. Video klip lagu tersebut juga menunjukkan imaji-imaji yang menggambarkan tema tersebut, seperti mobil bekas yang diremuk, film-film perang dan horor hitam putih, hingga adegan menonton konser.

Uniknya, video klip lagu ini sempat menayangkan potongan gambar ledakan bom di Irlandia Utara, sehingga adegan koreografi dibuat untuk menutupi gambar ini saat video klip diputar di area tersebut.

Kisah penciptaan Under Pressure adalah salah satu info musik terpopuler pada abad ke-20. Dengan dirilisnya lagu ini pada tahun 1981, Bowie dan Queen membuktikan bahwa mereka mampu menciptakan karya hebat bahkan dalam waktu sehari.

Share this:
Sticky
Aug 08, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*