Back
Photo By nadapromotama.com

5 Tips Sukses Mengadakan Konser Musik

January 20, 2018

Anda punya rencana mengadakan acara konser musik dalam waktu dekat? Tapi, masih bingung harus mulai darimana?

Sebenarnya, kunci keberhasilan sebuah acara terletak pada dua hal, yaitu tim dan perencanaan. Jika Anda memiliki tim solid, pasti semua job desk bisa dilakukan. Sementara itu, perencanaan matang dibutuhkan untuk mewujudkan konser musik yang sempurna.

Nah, sebagai pedoman, berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda terapkan supaya sukses menyelenggarakan konser musik. Yuk, simak penjelasannya!

  1. Pikirkan; Tujuan Acara dan Tema

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat catatan secara tertulis. Isinya tentang tujuan mengadakan acara konser musik, target, serta tema besarnya. Kalau sudah punya goal jelas, ikuti dengan menentukan sasaran akhir.

Semisal, Anda dan tim punya tujuan untuk mempromosikan produk fesyen remaja lewat acara tersebut. Berarti, langkah selanjutnya menyusun strategi untuk menarik minat penonton dari kalangan anak muda. Setelah itu, buatlah tema global sesuai segmen acara.

  1. Persiapkan Dana

Jika tujuan dan tema sudah didapatkan, segera mendata kebutuhan selama acara. Mulai dari peralatan, tiket, panggung, hingga biaya artis. Tulislah satu per satu yang memerlukan dana, seberapa pun jumlahnya. Kemudian, kemas semua itu dalam anggaran belanja.

Lalu, bagaimana jika bujet yang ada tidak cukup untuk kebutuhan acara? Inilah saatnya, Anda mengasah kreativitas. Cobalah membuang beberapa material atau mengalihkan ke sponsor. Dengan demikian, beban biaya lebih ringan.

  1. Menyusun Proposal yang Menarik

Proposal merupakan gambaran kegiatan beserta anggaran yang dibutuhkan. Isi proposal harus menjual supaya pihak sponsor tertarik. Pastikan, Anda menyampaikan konsep acara dan kebutuhan dana secara jelas.

Sponsor tidak akan menolak proposal jika dinilai menguntungkan kedua belah pihak. Semisal, Anda menawarkan fasilitas iklan produk milik sponsor dan pemasangan logo di spanduk kegiatan. Pun bisa dengan memberikan tawaran penyediaan kaos panitia yang berlogo perusahaan sponsor.

  1. Menyusun Strategi Penjualan Tiket

Memasarkan tiket konser bisa dikatakan ‘gampang-gampang’ susah. Pasalnya, Anda harus mencari relasi yang bersedia menjualkan tiket sampai habis. Pun mesti mendatangi tempat tertentu untuk menemukan target penonton.

Untuk meringankan beban dalam penjualan tiket, Anda bisa meminta bantuan sponsor. Sebagai gantinya, berikan tempat promosi. Semisal, dengan meletakkan logo sponsor di dalam tiket atau mengiklankan produknya saat acara berlangsung.

  1. Pilih Event Organizer dengan Segmen Pasar Sesuai Tema Acara

Anda tidak ingin pusing memikirkan konsep acara hingga pelaksanaan? Menggunakan jasa event organizer (EO) adalah solusinya. Tim EO akan menuntaskan semua masalah; dari mulai menyusun tema, jadwal, panggung, hingga detail peralatannya.

Bahkan, tim EO menghubungi agensi artis terbaik untuk mewujudkan acara impian Anda. Soal anggaran, mereka pasti mampu mengelolanya dengan baik. Seberapa pun bujet yang dimiliki kliennya, tim EO berusaha menyesuaikan.

Lantas, bagaimana cara memilih EO agar tidak tertipu? Pertama, Anda perhatikan tingkat pengalaman EO. Cobalah mencari informasi ke perusahaan atau perorangan yang pernah menggunakan jasanya. Pastikan, mereka memiliki track record positif.

Kemudian, Anda harus melacak keberadaan tim EO. Carilah informasi letak kantor dan nomor teleponnya. Jika mudah ditemukan, berarti EO tersebut bisa digunakan.

Setelah mengetahui tips-tips mengadakan acara konser musik, kini tinggal memutuskan langkah Anda. Apakah akan menggunakan jasa EO atau membangun tim panitia sendiri? Jika memilih jasa EO, bisa memilih Nada Promotama yang terbukti kualitasnya. Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan event dengan peralatan lengkap, dari mulai panggung, safety at event, serta papan barikade dari Mojo Barrier.

Share this:
Sticky
Jan 20, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!