Blog

Back
Photo: Dok. Bottlesmoker

Bottlesmoker, Musisi Indonesia Pertama Tampil di Playtime

July 19, 2018

Salah satu grup musik asal Bandung, Bottlesmoker, menorehkan prestasi baru pada tahun ini. Bersama dengan Lightcraft, band beraliran musik elektronik tersebut mendapatkan kesempatan berharga untuk tampil di Playtime Festival Mongolia. Festival yang baru saja berlangsung pada 6-8 Juli 2018 ini diadakan di kawasan Gachuurt, Mongolia.

Festival Berskala Internasional

Selain Bottlesmoker, festival musik tahunan terbesar yang mulai diselenggarakan pada 2002 tersebut juga pernah dimeriahkan oleh artis-artis mancanegara, seperti Peter Hook & The Light,  The Radio Dept, The Pains of Being Pure at Heart, dan sebagainya. Pada tahun ini, artis internasional yang diundang adalah Ariel Pink.

Setiap tahun, Playtime Festival dihadiri oleh ratusan ribu penonton. Bukan hanya anak-anak muda Mongolia, tetapi ada juga yang berasal dari Korea Selatan, China, bahkan Rusia. Tak heran, tampil di ajang ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Angkuy dan Nobie, personil Bottlesmoker.

Tampil di Playtime Festival bukanlah pengalaman pertama bagi kedua musisi ini. Bersama Bottlesmoker, mereka telah mengikuti berbagai event musik internasional di berbagai negara. Melalui penampilan-penampilan tersebut, mereka berharap dapat memperkenalkan musik unik yang diusung kepada lebih banyak pendengar.

Dorongan bagi Musisi Indonesia Lain

Tampil bersama salah satu kelompok yoga dari Mongolia, Mandala Yoga, Bottlesmoker menjadi pengisi sesi ecstatic dance. Sesi ini dilangsungkan pada hari pertama di area Waldo Tent.

Menurut Angkuy, Album Parakosmos (2017) memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan prestasi ini. Album ini memberikan banyak motivasi kepada mereka untuk mengenalkan local wisdom kepada pendengar musik, termasuk di mancanegara.

Sebelumnya, grup musik yang cukup produktif ini telah merilis 9 album sejak terbentuk pada 2005 lalu. Rahasia Bottlesmoker untuk tetap bertahan di industri musik indie hingga kini adalah karena keunikan khusus mereka. Mereka menciptakan musik yang unik dengan berbagai instrumen modifikasi, seperti Noise Box, 8 Step Sequencer, dan Theremin.

Atas prestasi baru ini, Bottlesmoker juga berharap, musisi Indonesia lain dapat mengikuti jejak mereka. Semoga terwujud, ya. Nah, demikian info musik dan berita musik tentang Bottlesmoker kali ini.

Share this:
Sticky
Jul 19, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*