Back
Photo by: klikdokter.com

Ingin Lebih Produktif Kerja? Gunakan 3 Tips Mendengarkan Musik Ini

March 21, 2018

Kamu mungkin sudah tahu kalau salah satu manfaat musik adalah meningkatkan produktivitas. Tetapi sayangnya, belum banyak penelitian terkait musik dan produktivitas pribadi. Jika kamu tipe orang yang bekerja sendiri, misalnya di rumah, apakah ada cara efektif agar musikmu bisa meningkatkan kinerjamu?

Ternyata ada. Terapis musik Kimberly Sena Moore, Ph.D., memberi tiga tips dan info musik agar produktivitasmu terdongkrak.

Musik Instrumental Lebih Baik dari Lagu Berlirik

Musik berlirik akan mengaktifkan bagian di otakmu yang berkaitan dengan bahasa. Akibatnya, aktivitas yang berkaitan dengan pemahaman bahasa seperti membaca atau menulis bisa terganggu. Itu sebabnya banyak rekaman musik untuk belajar dibuat tanpa lirik. Tetapi, ini bukan berarti musik berlirik terlarang untuk bekerja.

Idealnya, kamu harus mendengar lagu berlirik sedemikian rupa sehingga liriknya tidak mengalihkan perhatian. Misalnya, kamu bisa mendengar lagu easy listening dengan volume rendah, atau lagu dengan vokal yang tidak terlalu kentara, misalnya lagu-lagu oleh Enya.

Pilih Musik yang Membangkitkan Emosi Positifmu

Menurut Kimberly, musik favoritmu berpengaruh terhadap pusat emosi di otakmu. Musik yang membuatmu bahagia atau bersemangat akan membangkitkan energi positifmu, membuatmu siap untuk menghadapi tugas sesulit apa pun. Putar musik apa saja yang membuatmu senang, baik itu musik Indonesia, Barat, Asia, atau klasik. Malu didengar orang? Pakai saja headphones!

Coba Bereksperimen dengan Musik Baru

Bereksperimen dengan jenis musik, tempo, dan nada berbeda akan merangsang sel-sel otakmu yang sebelumnya sudah terbiasa dengan jenis musik favoritmu. Hal ini juga bagus jika kamu bekerja di bidang yang menuntut kreativitas, karena rangsangan audio yang bervariasi dapat mengurangi kejenuhan serta membantumu mendapat ide baru.

Contohnya, jika kamu sering mendengar musik klasik saat bekerja, coba sesekali ganti dengan musik elektronik bertempo rendah (chill out/lounge music). Terbiasa mendengar balada pop romantis? Cobalah lagu akustik dari grup-grup indie.

Kamu mungkin punya karakteristik khusus saat memilih musik untuk bekerja. Apapun itu, pastikan mencoba tips musik di atas jika kamu membutuhkan suntikan energi positif.

 

 

 

 

 

 

Share this:
Sticky
Mar 21, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!