Back
Photo: malesbanget.com

Sejarah di Balik Hari Musik Nasional Indonesia

June 20, 2018

Kenapa Hari Musik Nasional Indonesia digelar setiap 9 Maret? Simak sejarah dan fakta musiknya di sini!

Mungkin belum banyak yang ingat kalau Hari Musik Nasional Indonesia diselenggarakan setiap tanggal 9 Maret. Alasannya cukup jelas, perayaan ini baru ditetapkan sekitar lima tahun yang lalu yaitu pada tahun 2013. Penetapan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013. Susilo Bambang Yudhoyono, presiden Indonesia kala itu yang memang terkenal akrab dengan dunia musik.

Kontroversi Penetapan Tanggal Hari Musik Nasional Indonesia

Sebenarnya, usulan atas penetapan Hari Musik Nasional sudah diajukan pada tahun 1998, 2002, dan 2003 oleh Persatuan Artis Pencipta dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI). Tanggal 9 Maret dipilih karena merupakan tanggal lahir Wage Rudolf Supratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Namun begitu, sempat ada kontroversi mengenai pemilihan tanggal tersebut. Beberapa literasi dan info musik menyebutkan bahwa lahirnya W.R. Supratman bukanlah tanggal 9 Maret, melainkan 19 Maret 1903. Terlepas dari masalah tersebut, Hari Musik Nasional tetap dirayakan pada 9 Maret setiap tahunnya.

Mengapa Indonesia Butuh Hari Musik Nasional Indonesia?

Salah satu alasan mengapa PAPPRI mendesak diadakannya Hari Musik Nasional adalah keprihatinan terhadap tingkat apresiasi masyarakat untuk musik Indonesia. Meningkatnya peredaran musik bajakan bukan hanya merugikan para musisi tanah air, tetapi juga mencerminkan bagaimana para penggemarnya tidak menghargai hak cipta para musisi.

Terlebih lagi setelah adanya teknologi unduh atau download bebas melalui internet. Fakta musik mengenai karya bajakan yang semakin mudah didapat berdampak buruk bagi musisinya. Untuk itulah, setiap Hari Musik Nasional, berbagai acara digelar oleh pihak yang berbeda dalam membentuk semangat mencintai musik tanah air.

Melalui kompetisi musik, pagelaran seni dan musik, konser tribute, atau pameran mengenai sejarah musik, diharapkan generasi muda Indonesia semakin mengenal dan menghargai musik hasil karya para musisi dari negaranya sendiri.

Semangat Berkarya dan Bermusik di Dalam Orisinalitas

Hari Musik Nasional juga mendorong para musisi pemula untuk terus berkarya. Dengan adanya apresiasi positif dari publik, akan semakin banyak musisi baru bermunculan dengan karya-karya yang orisinal dan segar.  Inilah mengapa Nada Promotama sebagai vent organizer selalu mencoba untuk menghadirkan acara musik Indonesia yang positif serta menarik.

Tetapi itu semua tidak akan sukses tanpa apresiasi dan semangat masyarakat untuk mencintai musik dari dalam negeri. Yuk, kita mulai gerakan mencintai karya negeri sendiri dari sekarang dengan tidak meniru musik atau membeli barang bajakan!

Share this:
Sticky
Jun 20, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!