Back
Photo by: Nadapromotama.com

Tips untuk Memaksimalkan Performa Band Anda di Atas Panggung Konser

June 24, 2018

Setiap musisi yang tampil di atas panggung harus mampu memberikan penampilan terbaiknya. Pasalnya, performa yang dilakukan secara langsung di hadapan para penggemar (fans) mampu memberikan kesan tersendiri. Jika memang bagus, mereka pun  akan dengan senang hati untuk menantikan jadwal perform berikutnya.

Apabila menginginkan penampilan yang berkesan saat tampil di atas panggung konser, berikut beberapa tips yang bisa Anda dan grup musik atau band Anda lakukan bersama.

  1. Rutin Berlatih

Konser yang menakjubkan selalu diawali dengan persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari. Agar bisa menghasilkan penampilan terbaik, Anda dan band juga harus rutin mengadakan latihan bersama. Selain untuk meningkatkan kemampuan bermusik, latihan secara rutin juga menjadi cara untuk mempererat kekompakan antarpersonel.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Tanpa tubuh yang sehat dan bugar, penampilan grup musik tidak mungkin bisa maksimal. Sebab, masing-masing personel harus bisa memberikan performa terbaik semaksimal mungkin sehingga seluruh penonton merasa puas dengan penampilan tersebut.

Untuk itu, setiap personel harus selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan dan istirahatnya. Selain itu, masing-masing juga perlu berolahraga agar tubuhnya selalu sehat, bugar, dan senantiasa bersemangat.

  1. Servis Alat Musik Berkala

Alat musik membutuhkan peralatan secara berkala agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Agar tidak menimbulkan masalah menjelang konser, Anda perlu melakukan pengecekan dan servis pada alat-alat musik yang biasa Anda gunakan secara berkala.

  1. Pahami Lokasi (Venue)

Sebelum tampil di atas panggung, pastikan bahwa Anda sudah memahami lokasi dan jenis penonton. Terkadang, Anda mungkin harus menggelar konser di area sekolah. Pada kesempatan lain, Anda harus konser di sebuah stadion bersama band-band besar lain. Dengan mengetahui lokasi dan jenis penonton, Anda dapat mempertimbangkan konsep performa yang akan Anda tampilkan di depan penonton.

  1. Percaya Diri

Rasa percaya diri merupakan salah satu kunci penentu kesuksesan penampilan suatu grup musik di atas panggung. Supaya bisa total (all out), hal yang perlu Anda lakukan sebelum tampil adalah tetap tenang dan percaya diri. Ketika Anda sudah mempersiapkan semuanya dengan matang, yakinlah bahwa Anda dan band mampu memberikan yang terbaik.

  1. Kostum

Penggunaan busana atau kostum tertentu juga dapat memberikan kesan tersendiri bagi para penonton konser. Untuk itu, sebelum menggelar konser, pastikan bahwa Anda dan band juga sudah menyiapkan kostum atau busana yang tepat, yang sesuai dengan tema konser.

  1. Persiapan Peralatan dan Pemain

Persiapan terakhir yang perlu Anda pastikan menjelang konser adalah kesiapan peralatan dan pemain. Ketika konser sudah akan dimulai, terkadang ada saja permasalahan yang mungkin timbul, mulai dari pemain yang tiba-tiba sakit atau peralatan yang tidak dapat berfungsi dengan baik.

Selain melakukan servis peralatan secara berkala, ada baiknya Anda juga mempersiapkan peralatan cadangan untuk mengantisipasi apabila alat musik yang dipakai tidak dapat digunakan sesuai fungsinya. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa seluruh pemain berada dalam kondisi sehat, kompak, dan siap menggelar konser bersama-sama. Jika ada salah satu anggota yang sakit dan tidak dapat mengikuti acara, Anda pun harus segera menyiapkan penggantinya.

Selain kesiapan band, sebelum tampil, Anda juga perlu berkoordinasi dengan EO konser musik. EO akan mengatur seluruh jadwal, peralatan, hingga keamanan konser musik Anda.

Salah satu EO konser musik terbaik Indonesia yang bisa Anda manfaatkan untuk mengakomodasi kebutuhan konser Anda adalah Nada Promotama. Perusahaan EO konser musik ini sudah berpengalamanan mengangani beragam jenis konser musik lokal dan internasional.

Kini, Nada Promotama sudah bekerja sama dengan Mojo Barriers Indonesia untuk mengurusi berbagai kemananan konser dengan menyediakan barikade konser dan sistem crowd control. Dengan demikian, konser yang Anda gelar tidak hanya seru, tetapi juga aman dan berkesan bagi seluruh penonton.

Share this:
Sticky
Jun 24, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!