Blog

Back

Via Vallen, Ratu Pop Koplo yang Berusaha Memperkenalkan Dangdut ke Mata Dunia

January 13, 2018

Penyanyi dangdut yang namanya melejit akhir-akhir ini karena penampilannya yang enak dipandang dan suaranya yang asyik adalah Via Vallen. Memiliki nama asli Maulidia Octavia, Via Vallen lahir di Surabaya, 1 Oktober 1990 dan memiliki ayah musisi dangdut. Mengikuti jejak ayahnya, pada usia 18 tahun Via Vallen mulai tampil di panggung dangdut lokal Jawa Timur.

Musik yang dibawakan Via Vallen adalah musik pop yang diaransemen ulang dan disesuaikan dengan dangdut, atau lebih dikenal dengan istilah “Koplo”. Lagu-lagu pop Indonesia terkenal dan populer di-“koplo”-kan sehingga penikmat musik Via Vallen lebih luas dari penyanyi dangdut biasanya. Dengan begitu banyak lagu pop yang diubah menjadi koplo dan dinyanyikannya, Via Vallen pun dijuluki sebagai “Ratu Pop Koplo”. Satu hal lagi yang membuat dia berbeda sebagai penyanyi dangdut, penampilan Via Vallen termasuk sopan dan jarang menggunakan tubuhnya sebagai cara menarik perhatian.

Dengan begitu banyak grup dangdut lokal yang mulai populer seperti New Pallapa, Monata, Sera, dan berbagai grup dangdut lainnya, popularitas Via Vallen ikut melejit karena sering berkolaborasi dengan grup dangdut lokal tersebut. Kemudian, sejak sejumlah stasiun televisi nasional mengundangnya sebagai bintang tamu, Via Vallen mulai diperhitungkan sebagai penyanyi dangdut serbabisa yang cantik. Apalagi penampilannya dalam tur Karnaval Inbox SCTV yang mengharuskan Via Vallen untuk berinteraksi dengan penonton. Tidak lama untuk Via Vallen mendapatkan popularitas nasional dan mendapatkan tawaran di beberapa acara televisi lainnya. Tidak hanya itu, Via Vallen pun dinobatkan sebagai Seleb on News Awards 2016 pada penghargaan Anugerah Musik Dangdut yang digelar MNC TV.

Selain tampil di berbagai panggung dan menggubah lagu pop menjadi koplo, Via Vallen juga merilis 9 single pada tahun 2015 sampai tahun 2017. Album yang berjudul “The Names” pun dirilisnya pada tahun 2016 dan sukses menjadi salah satu album dangdut terbaik di Indonesia. Saking populernya, penggemar Via Vallen memiliki kelompok penggemar yang dinamakan “Vyanisty” yang diresmikan pada tanggal 24 September 2010.

Saat ini Via Vallen yang mengidolakan “Beyonce” dan “Evanescence” berkeinginan agar dangdut bisa dikenal di luar negeri melalui musiknya.

 

 

Share this:
Sticky
Jan 13, 2018
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*