Back
Photo by: nadapromotama.com

Ini Alasan Mengapa Harus Menggunakan Safety Barriers Selama Konser Berlangsung

February 22, 2018

Kejadian-kejadian mengerikan saat konser berlangsung kerap kali membayangi masyarakat Indonesia. Namun, semua itu tidak akan terjadi manakala penyelenggara memasang safety barriers  yang tepat.

Safety barriers atau pembatas keamanan biasanya diletakkan di lokasi pemeriksaan tiket. Penonton yang ingin masuk ke tempat konser harus mengantre dengan dibatasi barrier. Bentuknya bervariasi; dari mulai kombinasi pita dan tiang aluminium hingga pagar berlubang.

Keuntungan Menggunakan Safety Barrier

Memasang safety barriers selama konser tidak hanya menguntungkan penyelenggara. Artis dan penonton pun mendapatkan banyak manfaat dengan adanya fasilitas tersebut. Berikut ini keuntungan menggunakan barriers selama konser.

  • Safety Barrier Mendisplinkan Penonton di Loket Pemeriksaan

Masih ingatkah Anda dengan antrean panjang saat konser Ed Sheeran di London? Semua penonton mengantre dengan tertib meski tidak ada pembatas di tempat tersebut. Tak satu pun saling menyalip atau mendorong orang di depannya.

Namun, peristiwa itu terjadi di luar negeri. Kalau di Indonesia, pengadaan safety barriers sangat diperlukan. Pasalnya, konser tersebut dihadiri ratusan hingga jutaan orang dengan karakter berbeda. Adanya barrier digunakan untuk menertibkan mereka ketika pemeriksaan tiket.

  • Melindungi Artis dari Tindakan Anarkis

Penyelenggara bertanggung jawab penuh atas keselamatan artis yang mengisi acara. Tim harus memastikan, kondisi di sekitar tempat konser aman dan terkendali.

Karena itulah, safety barriers harus dipasang dari mulai pintu masuk sampai ke arena panggung. Pastikan, pembatas yang digunakan mampu menahan dorongan dari luar dan tidak mudah rusak.

  • Mencegah Penonton Naik ke Panggung

Tragedi penonton memaksa naik ke panggung tidak hanya di Indonesia. Beberapa negara yang menyelenggarakan konser pun kerap mengalami hal tersebut. Semisal, saat konser Britney Spears di Las Vegas bulan Agustus 2017 silam, seorang penggemar melompat ke panggung.

Kejadian serupa bisa diatasi kalau penyelenggara konser memasang barriers di dekat penonton. Pemasangan tersebut mesti dikombinasikan dengan barikade perimeter sehingga lebih kuat.

Seperti Apa Safety Barrier yang Tepat?

Sebelum menyewa barriers untuk acara konser, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan beberapa kriteria. Meski model barriers pasti sama, bahan dan kontruksinya mungkin berbeda. Lantas, apa saja kriteria yang harus dipenuhi? Berikut ini penjelesannya.

  1. Kontruksi Berkualitas

Soal properti, hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah kontruksinya. Hal itu karena kontruksi memengaruhi daya tahan barang terhadap kerusakan.

Sebagai contoh, crowd control barrier dari Mojo Barriers dirancang dengan model lipat. Ketika dibuka, pembatas tersebut berdiri menggunakan kaki berbahan besi yang kokoh. Ukuran tingginya 122 cm dan lebar 100 cm.

  1. Frame Bahan Kuat

Syarat kedua yang menentukan kualitas barrier adalah frame bahan. Semisal, bahan penghalangnya terbuat dari aluminium dengan daya tahan maksimal. Bagian tengah frame terdapat lubang berdiameter 3 mm. Beberapa dibalut logam sehingga lebih kuat.

  1. Aman untuk Melangkah

Meski ruang gerak di antara safety barriers dibatasi, minimal harus memenuhi kriteria keamanan melangkah. Salah satunya adalah dengan memotong bagian-bagian runcing di sepanjang barrier.

Tak hanya itu, jarak antar barriers pun harus diperhatikan. Idealnya, pagar pembatas itu bisa dilewati 1-2 orang tanpa berdesakan.

Itulah pembahasan sekilas tentang keuntungan menggunakan safety barriers beserta kriteria yang tepat. Setiap penyelenggara konser pasti memiliki standar keamanan berbeda. Namun, Nada Promotama tetap mengutamakan keselamatan semua orang di arena konser; dari mulai penonton sampai artisnya. Soal safety at event, tim EO ini memakai produk Mojo Barrier dengan kualitas teruji.

Share this:
Sticky
Feb 22, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Jl. Raya Gunung Batu No 86 RT 03/ RW 07 Kel. Sukaraja Kec. Cicendo Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!