Blog

Back
Photo by: www.amothershipdown.com

Ternyata Musik Bisa Tidurkan Bayi Lebih Cepat!

July 24, 2018

Kamu mungkin tahu kalau orang tua lazim menyanyikan lagu untuk menidurkan bayi. Ternyata, hal ini didukung oleh sains. Musik terbukti bisa membantu bayi untuk tidur lebih cepat ketimbang memasang mainan berputar di atas tempat tidur, misalnya. Berikut keterangannya.

Eksperimen Musik untuk Menidurkan Bayi

Berita musik untuk menidurkan bayi telah dipublikasikan dalam jurnal kesehatan anak, Pediatrics. Para peneliti dari Beth Israel Medical Centre menguji beberapa jenis musik untuk melihat berapa lama subjek bayi akan tertidur setelah mendengarnya. Mereka menggunakan musik perkusi lembut (meniru suara denyut jantung), musik dari suara sintetis yang mirip dengan suasana rahim, hingga nyanyian lembut orang tua.

Hasilnya? Ternyata ketiga jenis musik tersebut berhasil membuat bayi tertidur lebih cepat, dan nyanyian lembut orang tua memegang rekor tercepat. Penelitian lain oleh British Academy of Sound Therapy menggunakan lagu-lagu yang dirancang untuk membuat bayi mengantuk, misalnya Zero Point Life oleh Silence & Air serta Weightless oleh Marconi Union. Kedua lagu ini memiliki semua elemen yang bisa membuat pendengarnya cepat tertidur, mulai dari rangkaian nada, frekuensi, hingga tipe suaranya.

Akhirnya, ada juga penelitian yang diterbitkan di jurnal Psychology of Music terkait musik yang diputar di ruang inkubator bayi. Penelitian tersebut menunjukkan keunggulan memutar musik untuk meningkatkan kualitas istirahat bayi-bayi yang membutuhkan perawatan intensif setelah persalinan.

Mengapa Musik Membantu Bayi Tertidur?

Semua hasil penelitian di atas menunjukkan hal yang sama: musik lembut yang ritmis membantu bayi menurunkan detak jantung serta mengatur napasnya, membuat kondisi tubuhnya lebih rileks. Sebagai tambahan, suara orang tua juga akan membuat bayi merasa tenang dan tidak stres. Bayi yang baru lahir harus menghadapi masa adaptasi setelah keluar dari kenyamanan rahim, jadi musik dapat membantu mengurangi stresnya.

Jangan ragu untuk menyanyikan lagu lembut kepada bayi Anda, misalnya Nina Bobo atau lagu-lagu tradisional pengantar tidur. Menurut info musik dari jurnal Psychology of Music, efek yang sama juga bisa Anda peroleh dari membacakan buku dengan suara lembut. Cobalah cara ini jika si kecil susah tidur.

 

 

Share this:
Sticky
Jul 24, 2018

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*